Menurut Tovan, mekanik sekaligus penanggung jawab operasional bengkel Shock Motor Semarang dalam Jalan Raya Bogor Km 27, Jakarta Timur, hal ini ditimbulkan lantaran karakter shock Nmax itu sendiri.
"Memang shock Nmax keras. Sesuai bersama karakter shock keluaran Kayaba. Selain itu, posisi shock pula tegak. Shock yg semakin tegak menciptakan pantulannya semakin keras," ujar Tovan kepada Liputan6.com, Rabu (13/4/2016).
Karakter shock keras ini sebetulnya tidak keliru, malahan punya kelebihan sendiri. "Karakter shock yg keras biasanya usia pakainya lebih awet," tambah laki-laki yg sudah bekerja sebagai mekanik shock semenjak sepuluh tahun kemudian itu.
Lantas, adakah cara yg bisa dilakulan buat mengatasi shock yg keras ini? Menurut Tovan, jikalau memang pengguna Nmax ingin shock yg lebih empuk, ada cara gampang.
"Bisa bersama cara mengubah shock (per) baku bersama shock Suzuki Shogun SP, terutama jikalau sering lewatin jalan yg jelek sekali. Dijamin lebih lebih yummy. Tapi jikalau yg mau kerasan sedikit, pakai shock Shogun biasa," jelas Tovan.
Dasar penggantian ini artinya diameter shock yg sama. Selama diameter satu shock sama bersama shock lain, maka keduanya bisa disubsitusi. Panjang shock yg tidak selaras bisa diantisipasi bersama cara dipotong.
Terakhir, pemilik NMax pula pula harus tau konsekuensi penggantian shock. "Pakai shock yg lebih empuk itu memang yummy dalam jalan rusak. Tapi jikalau buat lari jadi kurang yummy, terasa limbung. Jadi memang semua pulang ke pertimbangan orangnya sendiri," tutup Tovan.